Cara Isolasi Mandiri Yang Benar Bagi Awam

Jika tidak memungkinkan menggunakan masker karena gangguan pernapasan, tutup batuk atau bersin Anda dan jaga jarak minimal 6 kaki dari orang lain. Padahal dengan kontak erat tersebut, isolasi mandiri menjadi tidak efektif, virus korona akan makin menyebar, dan angka kasus Covid-19 bertambah. Isnawa menyebut, pasien COVID-19 yang ada di sini nantinya adalah mereka-mereka yang statusnya sebagai OTG. Di mana di Graha Wisata Ragunan mereka akan menjalani isolasi selama sekitar 10 hari dengan pengawasan dari tenaga kesehatan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan sekaligus mendapatkan asupan yang tepat. Selama menjalani isolasi mandiri, ia dan keluarganya tidak pernah mendapat perhatian dari lingkungan sekitarnya. Isolasi diri direkomendasikan untuk siapa pun yang terinfeksi virus corona atau memiliki riwayat perjalanan ke negeri yang terjangkit corona.

Cara untuk isolasi mandiri

HALO KLATEN – Satuan Tugas Penanganan Covid-19, akan menjemput paksa pasien yang masuk kategori orang tanpa gejala , jika mereka tidak tertib dalam melakukan isolasi mandiri. Pakailah masker atau tutup hidung dan mulut menggunakan lengan bagian dalam, atau tisu. Ngabila mengingatkan, pentingnya pasien menjaga jarak dari orang-orang termasuk anggota keluarganya. Hal ini karena Covid-19 ditularkan melalui droplet atau tetesan air dari bersin, batuk atau berbicara.

Meskipun seseorang dapat dengan mudah mengelola gejala di rumah, meminta nasihat dokter akan berguna untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak. “Setiap dia buka kamar untuk ambil makanan, aku sama bayi ngeliatin dari jauh sambil dadah-dadah, kebayang dong rasanya gimana? Kadang aku sama bayi dari luar rumah manggilin suami, terus dia liatin kita dari jendela kamar,” paparnya.

Bukan tidak mungkin, selama beraktivitas hari ini, Anda sudah menyebarkan virus yang ada di dalam tubuh Anda ke orang lain. Itulah mengapa dianjurkan untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari. Paling tidak, jika Anda melakukan isolasi diri selama masa itu, Anda menghilangkan kemungkinan tertular atau menularkan virusnya ke orang lain. “Saya sudah berkoordinasi dengan Camat, Kapolsek, Danramil, kepala desa, dan kepala puskesmas di setiap daerah untuk PPKM mikro dan termasuk menyiapkan pos-pos isolasi mandiri,” tandasnya.

Lakukan tes swab PCR COVID-19 untuk memastikan bahwa Anda sudah sembuh dan negatif virus Corona COVID-19. Perlu diketahui bila Anda sudah tidak mengalami gejala dan menyelesaikan karantina mandiri selama 14 hari, hasil tes swab Anda mungkin tetap positif COVID-19 namun virus tersebut sebenarnya sudah lemah di dalam tubuh Anda. Pasalnya petugas kesehatan baru akan memeriksa pasien OTG pada hari ke 10 setelah menjalani isolasi mandiri di hotel.

Dari information terakhir, jumlah warga terkonfirmasi yang isolasi mandiri sebanyak 387 orang, kemudian yang dirawat di RS Demak seventy eight orang dan dirawat di RS luar Demak eighty four orang. Dia menuturkan, terhadap warga Tembak Ikan Terpercaya yang melakukan isolasi mandiri semestinya tidak perlu keluar rumah, karena mereka mendapat bantuan kebutuhan pangan, sembako dan juga memepoleh layanan pengobatan dari satgas. Atas temuan itu, Satgas PPKM mikro mempertegas dengan lockdown skala mikro.