Pentingnya Gerakan Pakai Masker Ditengah Pandemi Covid

Menurut CDC, diperkirakan 50 persen penularan Covid-19 terjadi sebelum orang mengembangkan gejala. Oleh karena itu, mengenakan masker adalah cara mudah untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi yang tidak disadari. Dibanding masker bedah, masker N95 terasa lebih ketat pada wajah karena telah didesain secara pas untuk menutupi hidung dan mulut orang dewasa.

Demikian juga dengan orang yang belum memperlihatkan gejala atau kelompok prasimtomatik. Selain itu hasil penelitian Ma et al memperlihatkan keberadaan virus SARS CoV-2 dalam aerosol hembusan napas penderita covid-19. Demikian juga hasil penelitian Santarpia et al bahwa penderita covid-19 yang dalam isolasi, positif terdeteksi RT PCR virus SARS CoV-2 pada udara aerosol di kamarnya (63,2% dari sampel yang diperiksa) maupun udara di lorong luar kamar.

Google pun ikut mengingatkan masyarakat akan pentingnya penggunaan masker saat beraktivitas melalui animasi doodle. Animasi berdurasi pendek itu menampilkan huruf Google yang tengah memakai masker dengan motif dan warna yang berbeda-beda. Jika mengenakan masker dengan cara yang kurang tepat, mengenakan masker jadi kurang bekerja dengan baik untuk melindungi diri dari penularan virus. Sedangkan, untuk masyarakat yang sehat bisa memakai masker kain, lebih baik lagi jika menggunakan tambahan lapisan filter. Menurut Dokter Spesialis Paru/Konsultan Intensivist dan Gawat Napas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta, dr.Dewiyana Andari Kusmana, masker bisa digunakan untuk mencegah penularan droplet virus. Memakai masker pada masa pandemi Covid-19 menjadi hal yang wajib dilakukan setiap orang.

Penting nya memakai masker

Kegiatan pembagian masker tersebut dapat menggugah masyarakat untuk semakin meningkatkan kesadaran betapa pentingnya memakai masker. Batusangkar – Pengurus TP-PKK Tanah Datar bersama pengurus PMI menggugah masyarakat untuk sadar memakai masker, terutama saat berada di luar rumah. Kedua wadah organisasi ini menunjukannya dengan membagikan masker bagi anak dan Balita di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kamis (10/6).

Namun penggunaan masker juga harus dilakukan ketika berada di dalam ruangan, apabila ruangan tersebut tidak memiliki ventilasi yang memadai dan ada sejumlah besar orang di dalamnya. Tidak ada risiko berarti yang perlu diwaspadai dari penggunaan masker wajah. Namun Dicky mendukung sekolah dibuka dengan meminimalkan risiko seperti mengatur durasi belajar, vaksinasi guru dan staf sekolah, kapasitas, protokol kesehatan dan kesiapan siswa belajar. Menurutnya, masyarakat Kota Malang sudah semakin sadar dan taat terhadap protokol kesehatan. Karena, untuk menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga juga lingkungan sekitar. Lise berharap kerja sama PMI dengan TP PKK ke depannya lebih diperkuat lagi dalam berbagai bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menggunakan masker salah satu cara agar dapat mencegah penyebaran virus Covid-19. Berikut adalah saat yang tepat menggunakan masker ketika di dalam ruangan. Syarat itu Game Slot Online antara lain masker kain hanya bisa dikenakan selama empat jam secara terus-menerus. Setelah empat jam, masker harus dilepas untuk dicuci dan diganti dengan yang baru.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan preemtif ini dapat semakin mencegah penyebaran Covid-19. Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengimbau masyarakat untuk aelalu mentaati protokol kesehatan. Lebih lanjut, Emi Irdinansyah mengatakan, kegiatan pembagian masker anak dan Balita ini merupakan kerjasama dengan TP PKK. Sebagai suatu organisasi yang sudah terstruktur mulai dari pusat, provinsi, kabupaten hingga ke nagari.

Ketika kalian mengalami demam, batuk, dan sesak napas, segera hubungi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan bantuan medis. Idris mengatakan sejak April 2020 kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah untuk melakukan penyuluhan mengenai pentingnya penggunaan masker. Gerakan tersebut dilakukan Pemkot Depok untuk bisa semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker di tempat umum. Dalam kesempatan tersebut Wiku juga menjelaskan mengenai dua jenis tes COVID-19 yang marak di masyarakat. Untuk memakai masker, pastikan tidak terbalik antara bagian dalam dan luar, ya. MASKER BEDAH – Jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas.