Pentingnya Mencuci Tangan Agar Terhindar Dari Covid

Selain cuci tangan, #IngatPesanIbu untuk memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait. Cuci tangan dapat membantu mencegah penyebaran penyakit mulai dari flu biasa hingga infeksi yang lebih serius. Usapkan dengan lembut ke punggung tangan, sela jari, dan bawah kuku. Adaptasi kebiasaan baru saat di luar rumah memang perlu dilakukan demi terhindar dari infeksi virus corona. Serda Darmanto anggota Satgas juga menyempatkan datang ke SD Negeri Tamansari untuk mensosialisasikan 5M kepada para siswa.

Penting nya mencuci tangan

“Ini bisa memicu hipersensitivitas, iritasi kulit atau infeksi,” ujar Joel. “Lapisan dalam ini kemungkinan besar menjadi sarang bakteri dari batuk atau bersin, atau mereka mungkin terdapat aerosol yang berubah menjadi tetesan saat kita berbicara menggunakan masker kita,” katanya. Kita selalu berharap semoga wabah Corona covid-19 segera berakhir, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti yang sudah dianjurkan pemerintah kita Slot Online Indonesia harus tetap bersemangat bahwa kita bisa dan mampu melewatinya,”ujarnya. Padahal, harga air dari pedagang air keliling biasanya lebih mahal dibandingkan dengan harga dari perusahaan air minum daerah atau swasta. Kajian dari Asian Development Bank, Bank Dunia, dan USAID menunjukkan sebagian masyarakat harus membayar harga10-30 kalilebih mahal untuk air dari penjual keliling atau tempat pembelian air dibandingkan dengan air dari PDAM.

“Salah satunya melalui inisiatif untuk mengedukasi dan menanamkan kebiasaan mencuci tangan dengan baik yang benar sejak usia dini agar terbiasa hingga dewasa kelak,” ujar dr. Iken. Gosok sabun ke semua bagian tangan, termasuk telapak, punggung tangan, sela-sela jari, bawah kuku hingga pergelangan tangan. Proses berpindahnya kuman bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang lainnya atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi. Kalau kuman sudah masuk ke dalam tubuh, ada kemungkinan mereka akan mengganggu sistem imun alias kekebalan tubuh. Bakteri bisa juga menempel karena berbagai aktivitas yang Anda lakukan. Entah itu akibat Anda tidak menutup hidung dan mulut ketika batuk maupun bersin.

Itu dia sejumlah informasi pentingnya cuci tangan usai bepergian di pandemi virus corona. Bila ingin konsultasi ke dokter seputar COVID-19 lebih cepat, pakai LiveChat dari Klikdokter. Beberapa bentuk adaptasinya, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan rajin cuci tangan menggunakan sabun. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai upaya bersama dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan dalam berkegiatan di luar rumah. Meski memiliki akses mendapatkan air, tidak ada jaminan masyarakat mendapatkan air yang benar-benar bersih. Sumber air permukaan, sumur, mata air, bahkan perpipaan belum tentu memiliki kualitas air yang baik.

Selain itu, dilakukan pula pengembangan SPAM dan peningkatan kinerja BUMD air minum. Upaya lainnya, masyarakat menghemat penggunaan air, mengelola air minum aman, dan mengoptimalisasi bauran air domestik, misalnya dengan memanen air hujan. Sarana penyediaan air minum mulai berkembang sejak munculnya wabah penyakit, seperti disentri, tifus, dan kolera, pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Di Batavia, sebagian orang Belanda, terutama para ambtenaar kelas atas, tidak mau meminum air Sungai Ciliwung. Mereka membeli air yang disebut Ayer Belanda yang didatangkan dari luar Batavia. Masalahnya, sumber air selain dari AMDK rentan ketersediaan dan kualitasnya.

Padahal, permukaan keran wastafel yang kita sentuh bisa jadi tidak higienis sehingga dapat membuat tangan Anda kembali terpapar bakteri atau virus. Cobalah untuk menutup keran air dengan siku atau menggunakan tisu rest room. “Jadi selalu ingat sering-sering untuk mencuci tangan. WHO menyarankan tujuh langkah cuci tangan yang benar, yaitu selama 20 detik,” ujar Reisa. Menurut rekomendasi World Health Organization , mencuci tangan agar bersih menghabiskan waktu sekitar detik.

Mengingat kondisi merebaknya wabah saat ini, menjaga kesehatan keluarga kita harus dimulai dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan. Dengan mencuci tangan hingga bersih, risiko berpindahnya virus Covid-19 dari tangan ke dalam tubuh kita dapat diminimalisir. Pastikan dulu Mama sudah mencontohkan gaya hidup bersih, salah satunya adalah cuci tangan pakai sabun.

Pemerintah tengah mengupayakan penambahan akses saran cuci tangan pakai sabun di seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, di Indonesia berdasarkan knowledge Riset Kesehatan Dasar pada 2018, hanya setengah masyarakat Indonesia dengan usia di atas 10 tahun yang mempraktikkan perilaku cuci tangan pakai sabun dengan benar. Kirana menyebut akses masyarakat dunia pada sarana cuci tangan dengan sabun masih terbatas. Tercatat hanya forty persen populasi dunia atau tiga miliar orang yang dapat mengakses sarana cuci tangan dengan sabun.

Terakhir yang tak kalah pentingnya, cukup 1 tekan untuk tangan yang bebas dari bakteri dan kuman. Mencuci tangan ini juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan dan bisa dimulai dari rumah. Lambat laun, mencuci tangan menjadi hal mutlak dan menjadi rutinitas yang tak boleh dilewatkan di mana saja. Selain mengajarkan Si Buah Hati untuk selalu menjaga kebersihan lewat cuci tangan, pastikan juga ia mendapatkan asupan gizi yang seimbang untuk dukung daya tahan tubuhnya saat bereksplorasi. “Menurut pakar kesehatan masyarakat, perlindungan yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar dr. Reisa saat konferensi pers di Gugus Tugas Nasional, Jakarta, pada Kamis (11/6).