Apa Saja Kerja Sama Yang Diteken Indonesia Dan China? Ini Kata Menlu Retno

Sementara data untuk vaksin G42/Sinopharm akan diambil dari data uji klinis di UAE karena diproduksi di sana. Kehalalan vaksin Sinovac dan Cansino akan dijamin melalui partisipasi MUI dalam proses pengujian knowledge, begitu juga dengan kehalalan vaksin G42/Sinopharm, “MUI-nya Abu Dhabi sudah menyatakan no issue dengan kehalalan vaksin G42” ucap Dirut Bio Farma Honesti Basyir. Bio Farma bekerja sama dengan Sinovac asal China untuk melakukan uji klinis kandidat vaksin tahap III. Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri di tengah terbatasnya stok vaksin di dunia, Vietnam dan Thailand memproduksi vaksin Covid-19 di negara mereka. Akses terhadap vaksin Covid-19 tidak hanya akan menyelamatkan masyarakat Indonesia dan juga perekonomian.

Dalam pertemuan, Menkes juga mengajak Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac untuk melakukan kerjasama switch teknologi dengan Bio Farma dan kerjasama riset termsuk uji klinis dengan lembaga penelitian medis yang ada di Indonesia. Bio Farma merupakan salah satu dari sekitar 29 produsen vaksin / 22 negara di dunia yang telah memperoleh Prakualifikasi Badan Kesehatan Dunia sehingga dipercaya dapat memenuhi kebutuhan vaksin di lebih dari a hundred and fifty negara. HANOI, RABU — Sejumlah negara di Asia Tenggara mengupayakan produksi vaksin Covid-19 atau setidaknya memproses bahan bakunya di dalam negeri masing-masing di tengah keterbatasan stok vaksin secara global. Vaksin produksi domestik Vietnam, Nanocovax, diharapkan tersedia pada triwulan keempat tahun ini dan digunakan pada awal tahun depan.

Di laman resmi Kemenlu China, Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan hubungan kedua negara terus terjalin dengan erat dan menunjukan berbagai pencapaian positif. Di akhir pernyataannya, Airlangga mengajak Rusia untuk bekerjasama mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19. Untuk meningkatkan kerjasama pariwisata, Airlangga mendorong semakin intensnya penerbangan langsung dari Rusia ke berbagai daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan keseriusannya membantu Indonesia sebagai pusat produksi vaksin COVID-19 di kawasan Asia Tenggara . Meski menggunakan bahan dasar yang sama, hasil uji klinis fase three Game Slot Online vaksin Pfizer sedikit lebih tinggi daripada vaksin Moderna. Namun, terlepas dari perbedaan efikasi vaksin Moderna dan vaksin Pfizer, kedua vaksin COVID-19 ini secara umum memiliki tingkat keamanan dan efek samping yang hampir sama.

Indonesia dan China bekerja sama untuk produksi vaksin covid

Presiden Komisi Ursula von der Leyen menekankan pentingnya timbal balik, berkaca dari UE yang mengekspor setidaknya 9 juta dosis vaksin ke Inggris, sementara Inggris tidak melakukan hal yang sama. Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 17,eight per one hundred orang. Registrasi vaksinasi di negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu dilakukan menggunakan aplikasi mobile. Vaksinasi menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer. Serbia, salah satu negara bekas Yugoslavia dengan populasi 7 juta orang juga ngebut dengan program vaksinasi massal.

Xi menyatakan bahwa China akan membantu Indonesia membangun pusat produksi vaksin regional dan bersama-sama menolak ketidaksetaraan vaksin. Vaksin yang diproduksi Pfizer dan BioNTech telah mengajukan penggunaan darurat vaksin virus corona yang diproduksinya ke BPOM AS dan Eropa. Pada uji coba terakhir, 18 November 2020, mereka mengklaim 95 persen vaksinya efektif menangkal virus corona dan tidak menimbulkan risiko masalah keamanan.

“Meskipun permintaan akan vaksin terus meningkat, kami tidak segan menjawab kebutuhan Indonesia untuk memberikan vaksin kepada warga Indonesia. Ini menunjukkan hubungan persaudaraan antara kedua negara,” ujar Wang Yi saat menyampaikan keterangan pers usai pertemuan dengan Menlu RI Retno Marsudi di Jakarta, Rabu. “China juga sudah memiliki vaksin yang lagi tahap uji klinis kedua. Nah kami juga lagi lakukan koordinasi dengan mereka, bagaimana kalau seandainya vaksin uji klinis berikutnya serta juga untuk proses pembikinan massalnya itu nanti bisa dilakukan di Bio Farma,” ungkapnya. Vaksin Sinovac juga menandai peluncuran program vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Bahkan, Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin ini pada Rabu.