Tantangan Penanganan Bencana Di Masa Pandemi Covid

Tidak semua warga tahu bahwa tanah itu akan dimanfaatkan untuk TPU khusus jenazah COVID-19. Ketika Tirto mendatangi TPU itu, beberapa petugas sedang menguburkan satu jenazah korban COVID-19 di tengah rintik hujan. Beda dengan TPU lain, satu petugas penggali kubur memakai APD saat mencangkul, tapi tidak mengenakan masker.

Di tengah meningkatnya infeksi virus corona, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menyatakan darurat nasional untuk membantu menangani wabah virus corona yang terus meningkat. Diah mengatakan Indonesia memiliki kemampuan dari kapasitas pencegahan dan pengendalian, hingga prognosis virus dan terapi penanganan. Per 19 Maret, China untuk pertama kalinya tidak mengalami kasus baru Covid-19 di Wuhan, kota pertama berjangkitnya virus corona. Terus berjangkit, wabah virus corona di Indonesia membuat pemerintah memperpanjang standing tanggap darurat hingga akhir Mei 2020.

“Paling gampang dilakukan ialah dengan melakukan pemeriksaan dan pemantauan melalui gejala klinis sebagai dampak awal, gejala demam itu menyeluruh (100%), batuk (50%), serta gejala lain yang hampir menyerupai serupa flu-flu biasa saja. Nanti harus diselenggarakan pemeriksaan thorax secara rutin,” ungkapnya. Hingga saat ini, menurut Ferry, belum ada obat atau vaksin untuk menangani Covid-19, tetapi masyarakat dapat mencegahnya dengan tindakan-tindakan suportif terhadap imun tubuh. “Terapi paling penting adalah suportif seperti oksigen, cairan dan elektrolit, nutrisi, dan antibiotik. Sementara pada pasien yang berat dan gagal napas perlu dirawat di ICU untuk mendapat bantuan ventilator mekanik,” jelasnya.

Sekitar 1 dari setiap 6 orang mungkin akan menderita sakit yang parah, seperti disertai pneumonia atau kesulitan bernafas, yang biasanya muncul secara bertahap. Walaupun angka kematian penyakit ini masih rendah (sekitar 3%), namun bagi orang yang berusia lanjut, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah KONG4D ada sebelumnya , mereka biasanya lebih rentan untuk menjadi sakit parah. Melihat perkembangan hingga saat ini, lebih dari 50% kasus konfirmasi telah dinyatakan membaik, dan angka kesembuhan akan terus meningkat. Prinsipnya, proses kremasi punya protokol yang sama dengan proses penguburan jenazah COVID-19.

Penanganan bagi korban covid

Apalagi Kabupaten Temanggung saat ini masih masih menjalankan PKM atau pembatasan kegiatan masyarakat sampai tanggal three Juli 2020. Disamping menunggu hingga berakhirnya PKM juga akan dilihat development 10 hari ke depan. Penyemprotan dilakukan secara menyeluruh di jalan-jalan kampung, hingga rumah ibadah yang ada di kampung tersebut. Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq pun terjun langsung untuk meninjau penyemprotan dan tampak melakukan diskusi dengan sejumlah warga. Mereka diimbau untuk tetap menaati protokol kesehatan, tenang tapi tidak menyepelekan. Dikatakan, bagi pelaku perjalanan lintas kabupaten/provinsi wajib memiliki surat izin perjalanan/surat izin keluar masuk sebagai syarat perjalanan.

Mereka melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap kegiatan dan lalu lintas warga Kudus ke daerah zona merah. Tes secara masif itu juga didukung oleh produksi yang masif pula dari peralatan tes virus corona yang berhasil dibuat oleh dua perusahaan bioteknologi asal Korsel, Kogene Biotech dan Seegene. Harapannya kedua perusahaan itu dapat memproduksi peralatan tes bersama dengan perusahaan di Indonesia. Tak lupa, Alat Pelindung Diri juga akan diproduksi bersama, yaitu bahan mentahnya dari Korsel dan akan dijahit di sini.

Korban kekerasan dapat meminta bantuan dari orang terpercaya yang mampu memberikan dukungan, baik secara psikologis dan medis, serta sebisa mungkin membantu keluar dari situasi yang dapat menyebabkan kekerasan tersebut Kembali terulang. Reisa menyebut, kekerasan berbasis gender ini perlu disikapi dengan serius. Hal ini dikarenakan petugas atau pendamping, harus mengantisipasi dengan cermat situasi dan kondisi risiko penularan Covid-19 pada saat memberikan bantuan.

Aplikasi 10 Rumah Aman merupakan bagian dari program Dasawisma yang diadakan PKK, dengan pendekatan memantau lingkungan sekitar yang terdekat dari rumah. Satu orang akan menjadi koordinator bagi beberapa rumah yang ada di sebelahnya, yang terdekat dengan tempat tinggalnya. Helmi menuturkan, pemerintah daerah harus siap dalam menghadapi berbagai keadaan. Meski pihaknya tidak menginginkan adanya kasus corona di Garut, tapi Pemda harus tetap menyiapkan berbagai kemungkinan terburuk, walaupun tidak ada instruksi khusus dari pemerintah pusat. LKPP dapat menjadi sumber rujukan utama dalam perumusan pelaksanaan pengadaan yang transparan dan akuntabel.

“Dari pintu masuk penyaringan dengan thermo scanner, lalu evakuasi jika terindikasi dan isolasi. Jadi fasilitas kesehatan di Indonesia mampu,” ujarnya. Diah menjelaskan terdapat beberapa cara untuk mencegah tertular virus corona ini. Jika terduga masih menunjukkan gejala awal, kata Diah, maka pasien akan mendapatkan obat demam, batuk dan flu, disertai dukungan makanan yang sehat agar meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus tersebut.